Marketing

Melacak Hasil Kampanye Digital Marketing

melacak hasil kampanye digital marketing

Seperti kampanye pemasaran apa pun yang Anda jalankan untuk membantu bisnis Anda, sangatlah penting untuk melacak hasil kampanye pemasaran Internet Anda. Ini harus dilakukan secara terus menerus sehingga Anda dapat memastikan strategi yang Anda gunakan berhasil. Ini juga dapat membantu Anda menentukan kapan strategi tidak berfungsi sehingga Anda tidak terus menginvestasikan waktu dan uang pada strategi yang tidak bermanfaat bagi bisnis Anda. Artikel ini akan membahas beberapa opsi untuk melacak hasil kampanye pemasaran Internet Anda.

Pemilik bisnis yang menggunakan iklan banner memiliki cara sederhana untuk melacak apakah iklan banner mereka efektif atau tidak. Ini dimungkinkan karena mereka dapat menempatkan kode di iklan banner yang akan memberi mereka umpan balik setiap kali pengguna mengklik iklan banner. Informasi ini dikirim ke pemilik bisnis sehingga ia dapat mengevaluasi iklan bannernya mana yang paling menarik.

melacak hasil kampanye digital marketing

Jika pemilik bisnis saat ini menggunakan dua gaya iklan banner yang berbeda di situs web yang sebanding, ia dapat menggunakan informasi ini untuk menentukan desain mana yang paling efektif. Ini penting karena jika satu gaya secara signifikan lebih efektif daripada yang lain, mungkin ada baiknya untuk mengkonversi semua iklan banner ke gaya ini atau untuk membuat perubahan yang akan membuat dua gaya yang berbeda lebih mirip.

Jika pemilik bisnis menggunakan iklan banner yang sama di sejumlah situs web yang berbeda, umpan balik dapat membantunya menentukan situs web mana yang menghasilkan lalu lintas terbanyak baginya. Jika ia menentukan beberapa situs web tidak menghasilkan banyak traffic, masuk akal untuk menghentikan iklan banner di situs web ini karena tidak efektif biaya.

Pemilik bisnis yang menggunakan pemasaran afiliasi selama kampanye pemasaran Internet mereka mungkin juga tertarik untuk melacak hasil afiliasi mereka. Ini diperlukan karena afiliasi sering dibayar berdasarkan hasil yang mereka hasilkan tetapi juga berguna untuk menentukan afiliasi mana yang paling sukses. Informasi ini dapat berguna jika iklan yang berbeda berjalan di situs web afiliasi yang berbeda karena ini dapat menjadi indikasi situs web mana yang paling efektif.

Melacak hasil pemasaran afiliasi mirip dengan melacak hasil iklan banner. Anda dapat menempatkan kode di iklan yang muncul di situs web afiliasi untuk memberi Anda umpan balik setiap kali pengguna mengklik iklan.

Cara lain untuk mengevaluasi hasil kampanye pemasaran Internet adalah dengan memonitor lalu lintas dan penjualan situs web Anda sendiri. Ini sangat penting ketika dilakukan dengan mempertimbangkan jenis pemasaran yang sedang Anda jalankan. Misalnya, jika Anda meluncurkan kampanye iklan banner baru dengan iklan yang muncul di banyak situs web profil tinggi secara bersamaan, Anda mungkin melihat peningkatan lalu lintas dan penjualan situs web yang hampir seketika. Informasi ini kemungkinan besar mengindikasikan iklan banner berhasil.

Namun, masalah dengan menggunakan jenis evaluasi ini adalah tidak menentukan keberhasilan atau kegagalan. Jika Anda meluncurkan iklan spanduk di lima situs web sekaligus, Anda mungkin akan segera melihat peningkatan lalu lintas dan penjualan, tetapi tidak akan mengetahui situs web mana yang paling efektif.

Misalnya, iklan Anda dapat berjalan di lima situs web yang berbeda tetapi hanya satu dari situs web ini yang dapat menarik perhatian untuk bisnis Anda. Demikian pula jika Anda menjalankan beberapa gaya iklan yang berbeda, beberapa gaya mungkin menarik lebih banyak perhatian daripada yang lain, tetapi Anda tidak akan dapat membedakan hanya dengan mengevaluasi lalu lintas dan penjualan situs web Anda.

Empat lainnya mungkin hanya menghasilkan minat minimal pada produk atau layanan Anda. Jika Anda ingin menggunakan metode ini untuk mengevaluasi umpan balik pada upaya pemasaran Internet Anda, ada baiknya untuk hanya melakukan satu perubahan pada satu waktu sehingga Anda dapat lebih akurat menentukan apa yang berfungsi dan apa yang tidak. Atau Anda dapat meminta pelanggan untuk mengisi survei yang menyatakan di mana mereka melihat iklan Anda sehingga Anda dapat meminta umpan balik tentang upaya pemasaran Anda.